Sabtu, 22 November 2014

Rencana, Pelatnas Menembak di Kaltim

OLAHRAGA | Rabu, 10 Juli 2013 | dibaca: 692 kali
SAMARINDA - Sukses menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Awang Faroek Ishak (AFI) Cup II 2013 sekaligus sebagai ajang Prakualifikasi PON XIX 2016 Jawa Barat di Lapangan Tembak Manggar, Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur, 23-29 Juni lalu, ternyata memberikan dampak besar kepada insan menembak Kaltim. Sebab, Kaltim rencananya menjadi tempat pemusatan latihan nasional (Pelatnas) menembak.  

“Itu masih rencana. Nanti mengenai kepastiannya baru bisa ditentukan pada sekitar akhir Agustus, atau setelah Ramadan,” ujar Ketua Bidang Target Pengurus Provinsi Persatuan Penembak Indonesia Kaltim, Sarwono Hidayat usai pelantikan pengurus KONI Kaltim di Lamin Etam, Senin (8/7) kemarin.

Ditanya, pesaing Kaltim sebagai tempat Pelatnas menembak bagi atlet Indonesia yang dipersiapkan menghadapi SEA Games Myanmar, Desember 2013 mendatang, yakni Palembang.

“Kaltim bersaing dengan Palembang dalam hal kualitas venue pelaksanaan. Tapi, saya optimistis, kita bisa menjadi tuan rumah dalam pelatnas tersebut,” kata Sarwono.

Apa yang menjadi pertimbangannya? Sarwono memperkirakan berdasar penilaian peserta yang memberikan respons positif atas kinerja pada pelaksanaan Kejurnas Menembak AFI Cup II, baru-baru ini.

“Kami mengakomodasi setiap kegiatan tim selama kejuaraan berlangsung. Saya rasa, itu menjadi salah satu nilai lebih kita,” tandasnya.

APRESIASI PB PERBAKIN

Sementara itu di tempat terpisah, Kabid Target PB Perbakin Mayjen TNI (Purn) Siswanto mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Kejurnas Menembak AFI Cup II 2013 di Balikpapan. Siswanto mengutarakan, ajang AFI Cup II sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan prestasi olahraga menembak di Indonesia, terlebih di Kaltim.   

“Kaltim layak dijadikan sebagai pilot project bagi daerah lain, karena pengurus Perbakin-nya memiliki program pembinaan yang  jelas dan berkesinambungan. Ini tidak saja dibuktikan dengan suksesnya event yang digelar,   tapi juga didukung sarana lapangan yang representatif,” ujar Siswanto.

Selama sepekan dari ajang bidik membidik sasaran tembak tersebut, antusiasme peserta dari seluruh Indonesia sangat terlihat. Tercatat, sebanyak 404 peserta dalam Kejurnas Menembak AFI Cup II, terdiri dari 274 atlet bidang berburu, 77 atlet dari pengurus provinsi, dan 53 atlet dari Perbakin.

“Kebanyakan peserta mengaku nyaman bertanding di Kaltim (Lapangan Tembak Manggar, Red), selain venue berskala internasional, pengurus Perbakin Kaltim melayani dengan baik kepada peserta. Mereka sudah berpengalaman, karena telah beberapa kali menggelar event nasional,” tambah Siswanto. (*/ndy/is2/k6)