Selasa, 2 September 2014

Kaltim Target 5 Besar Popnas XII

OLAHRAGA | Jumat, 12 Juli 2013 | dibaca: 721 kali
SAMARINDA – Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XII 2013 kembali digelar. Ajang dua tahunan tersebut akan dilangsungkan di DKI Jakarta, September mendatang. Berbagai persiapan tengah berlangsung demi pencapaian yang maksimal.

Kepala Seksi Pembibitan Olahraga, Bidang Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Abdul Sani mengatakan, pada dasarnya Kaltim sudah siap mengikuti event tersebut. Dari 20 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Popnas, kontingen Kaltim mengikuti 19 cabor.

Target yang dicanangkan pun tidak main-main, yakni masuk 5 Besar. Sekadar diketahui, dalam Popnas XI 2011 sebelumnya di Pekanbaru, Riau, kontingen pelajar Kaltim hanya menempati peringkat delapan.

“Hanya satu cabor yang tidak diikuti Kaltim pada Popnas XII mendatang, yaitu bola voli. Cabor ini juga karena tidak lolos dalam seleksi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) di Makassar akhir tahun lalu,” ujar Abdul Sani, kemarin (11/7).

Abdul Sani menjelaskan, dalam keikutsertaan di Popnas mendatang, kontingen pelajar Kaltim menerjunkan 175 atlet yang notabene masih berusia sekolah. “Jumlah itu (175 atlet, Red) merupakan penyaringan dari sekolah hingga mewakili ke tingkat nasional,” katanya.

Lebih lanjut, kini para atlet tengah menjalani pemusatan latihan dengan dipantau oleh masing-masing pengurus provinsi cabor. “Kami harapkan, semua bisa fit dan mereka bisa menampilkan kemampuan terbaik,” harap Abdul Sani. (*/ril/is)