Jumat, 19 Desember 2014

Kutim Tambah Dua Polsek

Tinggal Tunggu Persetujuan Kapolri
KALTIM | Sabtu, 13 Juli 2013 | dibaca: 743 kali
SANGATTA – Tak lama lagi, Polres Kutim bakal mendapatkan Polsek baru. Meski sifatnya tidak benar-benar baru, karena Polsek ini sebelumnya berstatus Pol Sub Sektor. Namun dengan perubahan status, diharapkan kinerja aparat kepolisian melayani dan melindungi masyarakat bisa lebih maksimal. 
“Usulan yang kami ajukan ke Mabes Polri sudah mendapat lampu hijau. Jadi tinggal menunggu saja,” kata Kapolres Kutim AKBP Budi Santosa, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, pimpinan kepolisian sangat mengatensi keinginan penambahan Polsek di Kutim. Sehingga, kata dia, usulan yang disampaikan sudah ditelaah dan tinggal menunggu SK dari Kapolri Jendral Timur Pradopo.

Ditambahkan Budi, ada 2 kecamatan yang semula hanya berupa Pol Sub Sektor yang kemudian ditingkatkan menjadi Polsek. Keduanya yakni Kecamatan Kaliorang dan Kongbeng. Sehingga, dengan adanya penambahan ini diharapkan dapat memaksimalkan pengamanan wilayah dan mempermudah pelayanan.

“Bangunannya sudah mulai dikerjakan. Sudah ada 16 personel termasuk satu perwira yang digeser. Jika tidak ada kendala tahun ini sudah mulai aktif,” jelas Kapolres.

Budi mengakui, dengan luasan wilayah Kutim sekitar 35.747,50 km tentu tidak mudah bagi Polri mengamankan daerah ini dari kegiatan kriminalitas maupun berbagai tindak pelanggaran hukum lainnya. Terlebih, jarak tempuh dan kendala geografis, sering kali menyulitkan anggota dalam melaksanakan tugas.

“Dari 18 kecamatan di Kutim baru ada 6 polsek yakni di Kecamatan Sangatta Utara, Bengalon, Sangkulirang, Muara Wahau, Muara Bengkal, dan Muara Ancalong. Sisanya Polres Kutim pagari dengan Pol Sub Sektor. Tapi tidak semuanya ada. Makanya dengan adanya tambahan 2 polsek baru ini akan sangat membantu,” sebut Budi.

Apalagi, lanjut dia, pada 2014 mendatang akan dilaksanakan pesta demokrasi di wilayah Kutim. Sehingga pengamanan di seluruh wilayah Kutim akan sangat terbantu dengan ditambahnya 2 polsek baru ini.

“Target pengamanan selama Pilgub dan Pileg  2014 harus sukses, aman dan lancar. Nah untuk mendukung semua itu penempatan setiap personel di masing-masing kecamatan melalui polsek, polsubsektor, maupun polpol sangat penting,” terangnya. (luc/ind/k6)