Selasa, 29 Juli 2014

Hibah Heli, Pemprov Guyur Rp 120 M

Bantu TNI Jaga Perbatasan
UTAMA | Minggu, 14 Juli 2013 | dibaca: 1024 kali
BANDUNG- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menghibahkan helikopter Bell-412 EP buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Heli serbaguna itu akan dioperasikan TNI. Pemprov Kaltim menyediakan dana Rp 120 miliar untuk membeli heli yang bakal digunakan untuk menjaga wilayah terluar RI di daerah ini.
 
Serah-terima heli dilaksanakan di hanggar Rotary Wing PT DI di Bandung kemarin (13/7). Dirut PT DI Budi Santoso mengatakan, heli pesanan Pemprov Kaltim tersebut telah rampung pada Juni lalu. Namun, proses serah-terima sengaja baru dilakukan kemarin agar bertepatan dengan momen istimewa. Menurut Budi, heli yang dihibahkan Pemprov Kaltim merupakan jenis helikopter serbaguna segala cuaca.
 
Artinya, heli ini mampu menjalankan tugas artileri udara, angkutan, patrol, hingga tugas SAR dalam segala kondisi cuaca. “Heli ini mampu diawaki dua pilot serta kopilot. Juga, mampu mengangkut 13 penumpang dengan dilengkapi inframerah dan radar,” ungkapnya seraya menyebut helikopter hibah itu merupakan Bell-412 ke-17 yang diserahkan PT DI kepada Kemenhan.
 
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan, serah-terima satu unit helikopter itu merupakan jembatan penting antara pihaknya dan Kemenhan. “Karena Kaltim sendiri memiliki perbatasan yang membutuhkan pengawasan khusus, helikopter Bell-412 EP yang sudah andal di kelasnya diharapkan mampu melakukan penerbangan sipil, pemadaman kebakaran, dan operasi SAR,” ujarnya.
 
Lebih penting, lanjut Faroek, helikopter tersebut bakal menjadi garda terdepan negara untuk mengawasi pulau terluar Indonesia. ”Mulai sekarang tidak boleh ada lagi tanah yang lepas dari Republik Indonesia,” ungkapnya di podium. Mendapat hibah alutsista dari Kaltim, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengaku sangat bersyukur.
 
Apalagi, alutsista yang dihibahkan ke pihaknya merupakan helikopter tangguh yang memiliki kapasitas untuk melakukan tugas-tugas pengamanan negara. ”Heli Bell-412 EP sangat cocok untuk Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Maka itu, keamanan lebih ditingkatkan,” ucapnya.
 
Prosesi penyerahan dilakukan dengan penandatanganan naskah serah terima helikopter oleh Dirut PT DI Budi Santoso, Kepala Badan Sarana dan Pertahanan Kemenhan Laksamana Muda TNI Rachmad Lubis, dan Aslog Panglima TNI Mayjen Joko Sriwidodo. MoU hibah Bell-412 EP dari Pemprov Kaltim kepada Kemenhan diteken pada September 2011.(mg17/c10/agm/jpnn/zal)