Jumat, 19 Desember 2014

Agustus, Agya dan Ayla Mulai Bertarung di Pasaran

Mobil Murah Ramah Lingkungan Terima Sinyal Lampu Hijau Pemerintah
PRO BISNIS | Sabtu, 20 Juli 2013 | dibaca: 3007 kali
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan, saat ini sudah ada produsen mobil murah ramah lingkungan  atau low cost green car (LCGC) yang sudah dalam masa produksi. 
 
DEMIKIAN disampaikan M.S.Hidayat, Menteri Perindustrian di Jakarta, Jumat (19/7). Karena sudah ada yang produksi, Hidayat yakin, bulan Agustus nanti sudah ada produsen mobil LCGC yang sudah menjual produknya. Menurut Hidayat, pabrikan yang akan menjual mobil LCGC di bulan Agustus tersebut adalah Toyota dan Daihatsu.

"Saya sudah terima pendaftaran resmi Toyota dan Daihatsu. Saya dengar mereka mulai jualan Agustus atau September," jelas Hidayat kepada wartawan di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat (19/7).

Perlu diketahui, Toyota akan menjual mobil LCGC bermerek Agya, dan Daihatsu akan menjual mobil LCGC dengan merek Ayla. Hidayat bilang, untuk pabrikan lainnya seperti Nissan dan Honda masih menyelesaikan pembangunan pabrik mereka akhir tahun ini.

Hidayat menyatakan, proyek mobil LCGC tersebut adalah untuk proyek nasional yang akan didistribusikan untuk seluruh daerah. "Jadi ini distribusi (mobil LCGC) ke seluruh nasional, karena saya dengar banyak pengamat bilang program ini akan tambah macet Jakarta," ucap Hidayat.

Kehadiran mobil murah ramah lingkungan atau LCGC memang telah ditunggu konsumen. Dua perusahaan mobil asal Jepang bahkan sudah buka-bukaan dengan model mobil murah yang mereka akan jual.

Toyota dan Daihatsu--yang tergabung dalam Astra Grup, lebih dulu membuka selubung mobil murah mereka, yaitu si kembar Agya-Ayla pada September 2012.

Lantas dari ketiga mobil murah itu apa saja kelebihannya?

TOYOTA AGYA

Mobil ini bakal hadir dalam 3 jenis, yaitu TRD-S, High-Grade (G) dan Medium-Grade (E). Varian TRD-S akan dilengkapi dengan aerokit depan, belakang, samping, emblem dan sticker TRD-S.

Untuk tipe G akan hadir dengan desain eksterior yang dilengkapi dengan grill radiator dan molding pelindung samping. Kedua tipe ini juga akan dilengkapi dengan fitur krom, AC register, 2 Din Audio CD, MP3, USB, Aux, chrome parking brake knob, dan sistem power steering.

TRD S dan High Grade (G) akan menonjolkan spoiler belakang dengan desain sporty, elektrik outer mirror, desain chrome door outside handle dan side protective moulding, 6 spokke alloy wheel 175/65 R14, headlamp, serta foglamp dengan aksesoris krom.

Adapun untuk yang tipe terendah E, terpasang speedometer dan 1 Din Audio CD, MP3, USB, dan Aux.

Dari tampilan interior, Agya memiliki kabin lapang, dilengkapi pendingun udara, power window, central doorlock, serta kursi berbahan fabric dilengkapi headrest dan sabuk pengaman di kedua baris kursinya.

Sedangkan eksteriornya dilengkapi lampu belakang dengan kombinasi desain dan bumper unik, dan front air spats untuk membantu meningkatkan efisiensi aerodinamis serta bahan bakar.

Untuk jantung pacu, Agya menggendong mesin berkapasitas 1000 cc 3 silinder sejajar, 12 valve, DOHC, yang mampu menghasilkan tenaga 46 kW pada 6.000 rpm dengan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm. Mengenai harga, Agya dibanderol Rp80-110 jutaan.

DAIHATSU AYLA

Secara keseluruhan tampilan kembaran Toyota Agya ini tidak terlalu jauh berbeda. Daihatsu Ayla memiliki tiga varian, tipe D (terendah), M, dan X (tertinggi). Pada tipe D, tidak disematkan CD player, velg alloy, AC, airbag dan spion elektrik. Rencananya tipe ini akan dibanderol sekitar Rp 75 jutaan.

Untuk tipe M dan X telah dilengkapi transmisi manual dan otomatis. Yang pasti kedua tipe ini akan ada beberapa perbedaan, termasuk soal harga. (net/lhl/k1)