Rabu, 24 September 2014

Tagana Dilatih Kemensos RI

KALTIM | Selasa, 30 Juli 2013 | dibaca: 222 kali
SENDAWAR - Kepiawaian Taruna siaga bencana (Tagana) dalam menanggani bencana masih harus ditingkatkan. Sebanyak 6 anggota Tagana Kubar telah diberangkatkan mengikuti pelatihan pemantapan kemampuan pengelolaan logistik dan pemantapan petugas pendamping sosial di Hotel Grand Jamrud Jalan Jamrud 34 Samarinda. Tak tanggung-tanggung peserta dilatih Ditjen Linjamsos Kemensos RI, Praktisi Kuliner, TNI dan Dinas Sosial (Dissos) Kaltim.
Kepala Dissos Kubar, Jahariah melalui Kepala Seksi Penanggulangan Korban Bencana dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial Henny saat melepas peserta belum lama ini menyatakan, pelatihan sangat penting sebab, untuk menciptakan personil pengelolaan logistik korban bencana alam dalam rangka penanggulangan bencana. “Termasuk meningkatkan kapasitas Tagana dalam pengelolaan dapur umum, meningkatkan kemampuan mengelola makanan untuk korban bencana. Memberikan pemahaman manajemen gudang dari proses penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran,” kata Henny yang juga pembina Tagana Kubar.
Dia berharap, hasil pelatihan bisa diterapkan saat bertugas. Memiliki keterampilan dan kesiapan menjalankan tugas. Anggota Tagana sebagai peserta pelatihan, yakni Yance selaku koordinator Tagana Kubar dan anggota Lilik Suharni, Erwin Ismail, Kusnadi, Adriyani Eka Irawati, dan Eris Natalis. Statusnya 5 orang anggota Tagana dan 1 orang pengelola logistik. Anggota Tagana Kubar 33 orang tersebar di 16 kecamatan se-Kubar. (hms19/waz/k8)