Minggu, 23 November 2014

Layang-Layang Ganggu Penerbangan

BALIKPAPAN | Rabu, 07 Agustus 2013 | dibaca: 883 kali
BALIKPAPAN - Tingginya intensitas warga yang menggunakan wilayah udara Bandara Internasional Sepinggan, membuat Aerodrome Control Tower terganggu. Menjelang berakhirnya Ramadan, warga masih melakukan aktivitas yang dapat mengganggu traffic penerbangan. Seperti bermain layang-layang dan menyalakan kembang api.

“Terutama sore, banyak laporan dari para pilot terkait dengan banyaknya layang-layang di sekitar bandara. Pas malam hari, banyak terlihat kembang api di final area pendaratan pesawat, terutama setalah salat maghrib dan salat isya,” kata Muhammad Agus Ekananto, supervisor Aerodrome Control Tower kepada Kaltim Post, kemarin.

Personel di aerodrome atau menara pengendali  bertugas untuk mengendalikan lingkungan bandara langsung melalui pengamatan visual dari menara kontrol bandara. Selain itu bertanggung jawab pula untuk melakukan pemisahan dan gerakan efisien pesawat dan kendaraan yang beroperasi di taxiway dan runway bandara, serta pesawat di udara dekat bandara. Yang  umumnya 5 sampai 10 mil laut (9 sampai 18 km).

Pihaknya berharap agar masyarakat lebih menjaga kondusivitas wilayah di bandara. “Ini semua demi keselamatan kita. Jika masyarakat tidak mengganggu daerah di sekitar bandara, maka imbas adalah keamanan dan kenyamanan masyarakat sendiri,” terangnya. (*/rkp/far/k1)