Sabtu, 1 November 2014

Pedagang Pasar Balikpapan Antusias Dukung AFI-Mukmin

Mukmin Faisyal Hadir Menyapa
UTAMA | Senin, 12 Agustus 2013 | dibaca: 1073 kali
 
Calon Wakil Gubernur Kaltim 2013-2018, HM Mukmin Faisyal HP, memanfaatkan akhir Ramadan, Selasa (6/8) dan Rabu (7/8) lalu, untuk blusukan ke sejumlah pasar di Kota Balikpapan menyapa pedagang. Hasilnya, para pedagang sangat antusias mendukung duet H Awang Faroek Ishak (AFI)-HM Mukmin Faisyal HP. Tak hanya meminta berfoto, para pedagang  itu juga meminta lapak-lapak jualan mereka ditempeli stiker AFI-Mukmin.
 
SOSOK Mukmin Faisyal sebagai anak penggawa nelayan ikan di Kampung Baru Balikpapan rupanya masih melekat bagi kalangan masyarakat bawah di Kota Minyak tersebut, utamanya para pedagang pasar. Tak heran ketika mantan Wakil Wali Kota Balikpapan 2001-2006 tersebut blusukan menyapa akhir Ramadan lalu, para pedagang menyambutnya dengan hangat.

Seakan  bertahun-tahun tak berjumpa dengan sahabat lama, di antara para pedagang itu banyak yang langsung memeluk. Saat berkunjung, Mukmin didampingi Ketua Tim Pemenangan Koalisi Rakyat Kaltim Bersatu (KRKB) yang juga Wali Kota Balikpapan,  HM Rizal Effendi, Sekretaris DPD Golkar Balikpapan, H Damanhuri, mantan anggota DPRD Balikpapan H Dahri Mamma dan lainnya.

Assalamu’alaikum. Apa kabar? Semoga sehat dan murah rezeki semuanya, ya,”  kata Mukmin sambil menyalami satu per satu pedagang dan pengunjung  Pasar Balikpapan Permai.

Ya, di kalangan para nelayan dan pedagang ikan di Balikpapan, Ketua DPD Partai Golkar Kaltim ini memang dikenal akrab. Sebagai anak Haji Pabotingi, penggawa nelayan ikan di Kampung Baru, Mukmin sejak kecil sudah familiar dengan kehidupan nelayan.

Dia terbiasa mengolah ikan asin berton-ton dan jika libur sekolah, ikut mencari ikan di tengah laut. Bahkan ketika nasib mengantarkannya menjadi pejabat, baik anggota DPRD Balikpapan maupun Wakil Wali Kota Balikpapan, dia tetap aktif membina nelayan melalui organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Balikpapan selama beberapa periode. Jauh sebelum itu, pada 1970-1973, Mukmin juga menjadi  Koordinator Nelayan Golkar Wilayah Balikpapan.

Di Pasar Balikpapan Permai, selain membeli ikan, Mukmin juga sempat membeli pisang dan asam di kios milik pedagang asal Buton, Lantamo.

“Senang jumpa Pak Mukmin,” kata Lantamo.  

Sedangkan di lapak udang milik pedagang asal Jawa, Sulasmi, Ketua DPRD Kaltim non aktif ini, membeli dua kilogram udang.

“Saya beli dua kilo ya, Bu, berapa?” tanya Mukmin.

“Seratus Lima Puluh Ribu, Pak Mukmin,” kata Sulasmi. Mukmin pun membayarnya.

“Sukses ya Pak Mukmin bersama Pak Awang,” kata Sulasmi.

“Amin… Amin, mohon doa dan dukungannya ya, Bu,” kata Mukmin sambil tersenyum. Sulasmi dan Mukmin pun berfoto bersama.  

Bukan hanya pedagang pasar, banyak pula pengunjung pasar yang  menyambut antusias kehadiran Mukmin Faisyal. Selain bersalaman, tak sedikit dari mereka yang meminta berfoto bersama menggunakan telepon seluler dan ponsel cerdas (smartphone). 

“Pak Mukmin, saya ingin foto bersama Bapak boleh ya, pak?” kata Henny, seorang ibu keturunan Tionghoa di Pasar Balikpapan Permai.

“Boleh, boleh, ayo sini, Bu,” kata Mukmin dengan ramah sambil merangkul wanita tersebut.  

SAHABAT LAMA

Dari Pasar Balikpapan Permai, Mukmin Faisyal melanjutkan lawatannya ke Pasar Baru Balikpapan. Di sana pedagang juga menyambut antusias.

“Hidup Cagub-Cawagub Kaltim nomor satu, AFI-Mukmin!” teriak sejumlah pedagang ayam yang dikomando, Simon Tandi, saat mendaulat Mukmin dan Rizal Effendi berfoto bersama. Mukmin sempat membeli sembilan ekor ayam kampung yang dijual para pedagang.

Dalam kunjungan ke Pasar Baru, Mukmin Faisyal juga sempat berjumpa dengan sahabat lamanya, Adi Wiyono. Warga keturunan Tionghoa ini mengaku berteman dengan Mukmin sejak kecil. Mereka berdua pun berangkulan, melepas kangen.

“Saya berteman dengan Pak Mukmin sejak kecil. Orangnya baik. Kami tumbuh besar dan tua bersama di Balikpapan ini. Saya akan mendukung dan memilih dia bersama Pak Awang pada pemilihan gubernur nanti. Saya doakan dia menang,” kata Adi Wiyono.

Sedangkan pada kunjungan ke Pasar Klandasan Balikpapan, Mukmin Faisyal dan rombongan mendapat sambutan tak kalah hangat. Di sini bahkan ada salah seorang pedagang asal Jawa, Sunyoto, yang menjadi penggemarnya sejak lama.

“Saya sejak lama mengidolakan Pak Mukmin Faisyal. Orangnya baik, merakyat. Kata orang Jawa, beliau itu tidak neko-neko. Dulu saya sempat kecewa waktu beliau tak terpilih menjadi Wali Kota Balikpapan. Alhamdulillah beliau kemudian menjadi Ketua DPRD Kaltim dan sekarang menjadi calon wakil gubernur. Saya pasti  memilih pasangan AFI-Mukmin 10 September 2013 nanti,” kata pedagang pecah belah di Pasar Klandasan Balikpapan ini.

Menurut dia, foto diri Mukmin Faisyal dalam bentuk striker dan poster masih dia tempel di rumah dan kiosnya sampai sekarang. “Saya doakan AFI-Mukmin menang,” katanya.

Usai mengunjungi ketiga pasar, Mukmin Faisyal dan Rizal Effendi sempat meresmikan Posko Pemenangan AFI-Mukmin di RT 8 Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Selatan, RT 38 Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota dan RT 3 Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota.

Mukmin Faisyal dan rombongan juga sempat menyapa para pemudik yang memadati Pelabuhan Semayang Balikpapan.

“Semoga selamat sampai tujuan ya. Begitu pula saat kembali lagi ke Kaltim,” kata Mukmin sambil menyalami Yanto, pemudik asal Lamongan Jawa Timur.

Keesokan harinya, meski Balikpapan dilanda hujan deras, Mukmin Faisyal dan rombongan melanjutkan kunjungannya ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Manggar, Pasar Manggar, Pasar Sepinggan, Pasar Pandan Sari dan Pasar Muara Rapak Balikpapan.

“Kunjungan saya ini adalah untuk bersilaturahmi dengan para pengunjung, pedagang pasar dan para nelayan. Ini juga untuk menyampaikan pesan bahwa AFI-Mukmin akan terus berpihak kepada para pedagang di pasar-pasar tradisional, termasuk para nelayan,” tutupnya. (tim/advertorial/che/k1)