Rabu, 30 Juli 2014

Perkemahan Pelantara III di Tanjung Batu

Rangkaian HUT ke-52 Pramuka dan Festival Derawan
KALTIM | Senin, 19 Agustus 2013 | dibaca: 834 kali
TANJUNG REDEB - Perkemahan lebih dari seribu anggota Pramuka yang tergabung dalam kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) III di Kampung Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan akan menjadi agenda pertama rangkaian Festival Derawan 2013 pada awal September mendatang.
 
Kehadiran anggota pramuka dari beberapa provinsi se- Indonesia ini juga menjadi rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka). Tidak hanya dari provinsi lain, namun perwakilan dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka 13 kabupaten dan kota se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dipastikan memeriahkan even nasional ini.
 
Untuk memantapkan seluruh rangkaian kegiatan panitia pelaksana, di bawah pimpinan Asisten III bidang Kesejahteraan Rakyat Setkab Berau, Abdurrahman, menggelar rapat persiapan perkemahan di ruang  rapat Kakaban Setkab Berau, Kamis (15/8). Rapat difokuskan untuk membahas berbagai persiapan mulai keamanan, tranportasi, akomodasi hingga konsumsi.
 
Tidak hanya diikuti pengurus Kwarcab Berau, namun rapat dihadiri beberapa pimpinan satuan kerja perangkat daerah yang terlibat langsung dalam kegiatan. Seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan  Informatika, maupun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta jajaran TNI Angkatan Laut.
 
Kegiatan pelayaran dengan menyinggahi beberapa kota ini sekaligus memperkenalkan bagian terluar wilayah NKRI yang  perlu mendapat perhatian dari seluruh WNI termasuk para peserta Pelantara yang di dalamnya terdiri dari Generasi Muda. Serta mengenalkan kehidupan masyarakat indonesia yang beragam baik budaya maupun kehidupan sosialnya. “Ini bagian kegiatan promosi pariwisata dan kita sebagai tuan rumah harus bisa menyukseskan acara ini,” ungkap Asisten III, Abdurraman.
 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan menurutnya, antara lain perlengkapan dan transportasi, penyediaan lokasi perkemahan, penyediaan sarana  air dan tempat MCK (mandi, cuci, kakus) penyediaan sarana penerangan, penyediaan sarana upacara panggung kehormatan, podium, mic, penyediaan sound system di upacara dan panggung hiburan. “Bapak Bupati (Makmur HAPK) menegaskan tiga hal perlu kita perhatikan, tranportasi, akomodasi dan konsumsi,” tandasnya..
 
Peserta perkemahan Pelantara III yang akan datang menggunakan KRI Makassar diperkirakan mencapai seribu orang. Sementara dari Kwarcab se-Kaltim diperkirakan mencapai 192 orang, ditambah dengan perwakilan dari beberapa pramuka satuan karya sekitar 70 orang. “Untuk Kwarcab Berau, kami perkirakan yang terlibat sekitar 288 anggota pramuka,” sebutnya.
 
Rute Pelantara III mulai dari Surabaya, Jakarta, Makassar, dan berakhir di Tanjung Batu. Selanjutnya setelah perkemahan berakhir, pelayaran berlanjut ke Kwandang, Makassar, Jakarta dan kembali ke Makkasar Surabaya. Jadwal perkemahan direncanakan 4 hingga 7 September mendatang. (hms5/one)