Sabtu, 1 November 2014

Ganti Siap Pelopori di 4 Kecamatan

Sediakan Lahan Awal 100 Hektare
KALTIM | Kamis, 22 Agustus 2013 | dibaca: 364 kali
TERNYATA,  jalan pikiran Yusran Aspar direspons positif sekelompok masyarakat di daerah Sepaku. Bahkan budidaya singkong gajah itu sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Hanya saja skala areal tanamanya masih kecil.  Nah, kini dengan adanya lampu hijau dari Bupati yang ingin membuat gerakan massal, tentu masyarakat makin semangat menanam singkong gajah.
 
Dimotori Gerakan Nelayan dan Tani (Ganti) yang berbasis di Sepaku, kelompok ini sudah menyiapkan lahan seluas hampir 100 hektare yang tersebar di 4 kecamatan. Di lahan ini sudah direncanakan ditanami singkong gajah.
 
“Kami sudah tahu tentang singkong gajah ini. Nilai ekonomisnya tinggi. Makanya begitu tahu Pak Bupati mau mengembangkan, kami sangat mendukung dan siap menanam. Apalagi sudah ada yang siap menampung hasil panennya, lebih bagus lagi,” terang Ketua Ganti Anwar, didampingi sekretarisnya Suhartono.
 
Sebagai tahap awal, akan memulai gerakan massal menanam singkong gajah secara mandiri. Artinya, masyarakat yang dibina bisa menyiapkan bibit sendiri. Mereka hanya memerlukan bantuan alat berat dari pemerintah untuk meratakan lahan. “Tapi kalau pemerintah mau bantu bibit lagi, kami sangat senang,” tambah Tono, sapaan akrab Suhartono.
 
Sementara untuk pupuk, Ganti memiliki anggota yang ahli membuat pupuk kompos organik,  yaitu Fahruddin. Untuk diketahui, nama Fahrudin di PPU sudah dikenal luas. Banyak petani yang sudah menggunakan pupuk buatanya. Bahkan Ketua TP PKK Kabupaten Hj Rustini Yusran dan istri Wakil Bupati PPU, Hj Yuli Maghfiroh berulangkali merekomendasikan pupuk Fahrudin.
 
“Pak Fahrudin siap memasok berapa pun kebutuhan pupuk untuk mendukung program singkong gajah ini. Dan kualitas pupuknya sangat baik, sehingga cocok digunakan untuk kebun singkong,” ungkap Tono.
 
Selanjutnya, ketika semua lahan yang tersebar di 4 kecamatan tadi sudah siap, akan dilakukan penanaman secara serentak. Diharapkan Bupati Yusran Aspar dan Wabup Mustaqim, beserta unsur Muspida, bisa hadir untuk penanaman perdana. “Ini wujud komitmen kami untuk mendukung program pemerintah. Harapan kami, dengan gerakan ini bisa memotivasi masyarakat untuk sama-sama menanam singkong gajah,” katanya. (ind2)