Senin, 24 November 2014

Cegah DBD Meluas

Diskes Minta Warga Lakukan 3 M dan 11 Plus
KALTIM | Kamis, 29 Agustus 2013 | dibaca: 287 kali
SENDAWAR - Mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan (Diskes) Kubar melakukan tindakan pengasapan, pembagian abate kepada masyarakat. Warga juga harus mendukung Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Menguras, Menutup, Mengubur (3M), dan sebelas plus.
Hal ini dikatakan Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dikes) Kubar Hj Ida Rosalina Rupina didampingi Sulistiyono, Staf Bidang P2PL di kantornya, Rabu (28/8) kemarin.
Sebelas plus itu yaitu mengganti air vas bunga, perbaikan saluran dan talang air,  tutup lubang pada potongan bambu, pohon dan lainnya, bersihkan dan keringkan tempat yang bisa menampung air, pemberian abate, pelihara ikan pemakan jentik nyamuk, dan memasang kawat kasa di rumah. Kemudian, pencahayaan dan ventilasi memadai, jangan biasakan menggantung pakaian di dalam rumah, tidur pakai kelambu, dan menggunakan anti-nyamuk.
Warga diharapkan datang ke Puskesmas, jika menjadi korban DBD segera dibawa ke rumah sakit. Masyarakat bisa mengambil abate di Puskesmas atau Kantor Diskes.
Sulis memaparkan, abate dimasukkan penampungan air minum, aman dikonsumsi berdasarkan lisensi WHO. Jika 200 liter air diberi dua sendok makan abate, dan berat badan seseorang yang mengonsumsi air 10 kg, mengonsumsi 86 ribu liter baru berbahaya. “Tidak mungkin mengonsumsi air sebanyak 86 ribu liter setiap hari,” pungkasnya.(hms10/waz/k8)