Sabtu, 1 November 2014

“Ketagihan” Ngutil di Minimarket

SAMARINDA | Minggu, 08 September 2013 | dibaca: 1481 kali
SAMARINDA- Lantaran belum memiliki pekerjaan tetap, seorang perempuan bernama Rianti (25) nekat mencuri di minimarket Era Mart, Jalan Otto Iskandardinata, Kelurahan Sungai Dama, Sambutan, kemarin (7/9) pagi. Namun aksinya itu kepergok kepala toko, akhirnya perempuan berkulit cokelat ini digiring ke Polsubsektor Mulawarman. Kepala toko, Rais (21) mengatakan, aksi yang dilakukan Rianti bukanlah yang pertama.
 
Dengan kata lain, perbuatannya itu sudah sering dilakukan. Informasi yang dihimpun harian ini, tersangka diduga sudah melakukan pencurian di toko yang sama sebanyak empat kali. “Kami memang sengaja mengawasi dia karena sudah sering kali ngutil. Dia biasanya beraksi bersama satu orang teman perempuannya,” sebut Rais.
 
Karena itu, kata dia, saat pelaku masuk ke dalam toko, semua penjaga toko bersikap biasa saja, layaknya konsumen dengan penjual. Nah, ketika Rianti sedang asyik memasukkan sejumlah bahan sembako ke dalam tas, saat itulah Rais dan beberapa karyawan toko menangkapnya. “Enggak bisa ngomong apa-apa lagi,” tutur Rais. Rianti yang diamankan di Polsubsektor Mulawarman, hanya bisa tertunduk.
 
Dia tidak mampu mengelak ketika dibawa bersama barang bukti hasil curian. Awalnya, Rianti menolak mengaku telah mencuri. Namun setelah dicecar berbagai pertanyaan, akhirnya Rianti mengaku telah melakukan perbuatan tersebut. “Sudah empat kali melakukan ini (ngutil), saya diajari teman. Katanya enggak perlu bayar,” terang Rianti. Warga Jalan Biawan, Samarinda Ilir ini mengaku saat ini masih menganggur.
 
Hal itu yang mendorong perempuan ini nekat mencuri. ”Saya sudah kirim lamaran ke berbagai perusahaan, tapi belum diterima,” akunya. Terpisah, Kapolsekta Samarinda Ilir Kompol Yuniar mengatakan, saat ini pihaknya masih menyelidiki kasus ini. Agar tak ada kasus yang serupa, Yuniar mengimbau agar minimarket seperti ini dilengkapi dengan satuan pengamanan (Satpam). “Saksi sudah kami mintai keterangan dan olah TKP juga sudah dilakukan,” urainya.(*/ypl/ibr/che/k7)