Sabtu, 20 Desember 2014

BEI Gelar Olimpiade Pasar Modal Nasional

PRO BISNIS | Rabu, 18 September 2013 | dibaca: 422 kali
KANTOR Perwakilan Bursa Efek Indonesia (KPw BEI) Balikpapan akan kembali menggelar Olimpiade pasar modal nasional 2013 tingkat SMA/MA pada 10 Oktober 2013 mendatang.

Dikatakan Kepala KPw BEI Balikpapan Dinda Ayu Amaliya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya BEI untuk mengenalkan investasi pasar modal sejak dini kepada siswa-siswi SMA/MA. Mengingat saat ini, BEI menyadari masih banyak pandangan negatif terkait investasi pasar modal.

“Tujuan utama kita tentu saja memang ingin mengenalkan dan memahamkan investasi pasar modal sedini mungkin terutama kepada para remaja, sehingga mereka punya pemahaman yang benar terkait pasar modal,” ujarnya ketika ditemui Kaltim Post kemarin (17/9).

Dinda melanjutkan, selain Balikpapan, BEI juga akan menggelar kegiatan serupa di semua provinsi yang ada di Indonesia. “Nantinya juara 1 dari setiap provinsi akan berkesempatan mengikuti partai final di Jakarta pada bulan November mendatang,” terangnya.

Untuk seleksi di tingkat provinsi, dikatakan Dinda akan menggunakan seleksi tertulis, sedangkan untuk final di Jakarta ada sistem tulis, presentasi dan simulasi transaksi.

“Semua biaya selama berkompetisi di Jakarta akan ditanggung oleh BEI. Nah, Juara pertama di tingkat nasional akan memperoleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp 10 juta,” kata Dinda. Jumlah peserta, tambahnya, dibatasi hanya untuk 100 orang siswa kelas XI.

Di sisi lain, KPw BEI Balikpapan mencatat adanya peningkatan jumlah investor pasar modal di Kaltim. Hanya untuk jumlah pastinya Dinda mengaku belum bisa memastikan. “Kita ada peningkatan hanya saja sepertinya tidak terlalu signifikan,” imbuhnya.

Ia mengaku, masih banyaknya masyarakat yang berpandangan negatif terhadap investasi pasar modal juga masih memengaruhi jumlah investor di Balikpapan maupun Kaltim. Padahal, sampai akhir tahun KPw BEI Balikapan menargetkan jumlah investor bisa mencapai angka 5.000.

“Namun kita akan terus berupaya untuk meluruskan pandangan masyarakat terhadap pasar modal, salah satunya dengan kegiatan olimpiade pasar modal ini,” terang Dinda. (*/hul/lhl/k7)