Sabtu, 22 November 2014

Ulang Tahun Kutim Bakal Meriah

KALTIM | Senin, 23 September 2013 | dibaca: 435 kali
SANGATTA - Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-14 Kutai Timur (Kutim)  tanggal 12 Oktober mendatang dipastikan bakal semarak. Sejumlah kegiatan sudah dipersiapkan oleh panitia pelaksana, yakni  pameran pembangunan dan promosi budaya, lomba olahraga tradisional dan modern. Untuk olahraga modern, antara lain akan digelar turnamen futsal dengan hadiah total Rp 20 juta.
 
Berikut hiburan rakyat, pawai budaya yang diikuti 18 kecamatan, dan gerak jalan kelompok umur memperebutkan piala bergilir Bupati Kutim. Materi kegiatan dimaksudkan agar dibahas dan dimatangkan melalui rapat koordinasi di Ruang Arau Kantor Bupati Kutim, Rabu (18/9) lalu.
 
Rapat yang diikuti perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para camat, unsur Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD),  dipimpin ketua panitia yang juga Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Mugeni. Dalam rapat dibahas masalah teknis seluruh kegiatan, pendanaan hingga kegiatan puncak perayaan HUT Kutim yakni upacara bendera dan malam ramah-tamah.
 
Agar peringatan HUT Kutim tahun ini lebih semarak, disepakati agar seluruh masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah kecamatan memasang umbul-umbul di sepanjang jalan protokol di Sangatta dan mengibarkan bendera Merah Putih.
 
“Masyarakat dan perusahaan diwajibkan berpartisipasi memasang bendera Merah Putih. Selain itu, seluruh pegawai tanpa terkecuali diwajibkan mengikuti upacara peringatan hari ulang Kutim pada 12 Oktober nanti,” pinta Mugeni.
 
Selanjutnya dibahas rencana pameran pembangunan dan seni budaya yang akan dilaksanakan di halaman Pasar Induk Sangatta. “Apabila tidak memungkinkan dilaksanakan di Pasar Induk, maka pameran akan dialihkan di halaman Kantor Camat Sangatta Utara,” ujar Mugeni.
 
 Jika dilaksanakan di Pasar Induk, panitia harus menyediakan 108 stan untuk SKPD dan pedagang kaki lima serta 18 stan bagi perusahaan. Selain itu, akan didirikan panggung hiburan rakyat untuk penampilan berbagai acara kesenian.
 
 “Bagi SKPD, pedagang, dan perusahaan yang ingin berpartisipasi maupun menjadi peserta pameran silakan melakukan pendaftaran sejak 24 September sampai 1 Oktober,” kata Koordinator Pameran Eko Cipto Pratomo.
 
Menurut  rencana, pameran pembangunan dan seni budaya tersebut akan berlangsung selama lima hari sejak 8-12 Oktober mendatang. (kmf4/san/k8)