Jumat, 25 Juli 2014

Harga Tiket Pesawat Masih Stabil

Di Tengah Pelemahan Nilai Tukar Rupiah
PRO BISNIS | Rabu, 25 September 2013 | dibaca: 1309 kali
BALIKPAPAN – Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar hingga saat ini belum jadi acuan perubahan harga tiket penerbangan. Seperti yang dikatakan Distrik Manager Citilink Area Balikpapan R Pramono. Ia mengakui jika pelemahan nilai tukar rupiah belakangan memang berpengaruh terhadap cost yang harus dikeluarkan untuk beberapa armada yang berstatus sewa.

“Meskipun demikian, sampai saat ini kami tidak menaikkan harga tiket penerbangan. Hanya saja memang ada sedikit revisi target karena harus membayar sewa pesawat,” ucapnya ketika dikonfirmasi Kaltim Post kemarin (24/9).

Sejauh ini, dikatakan Pramono load factor maskapainya juga tak mengalami perubahan dengan rata-rata tingkat isian mencapai 85 persen setiap harinya.

“Sampai saat ini belum berpengaruh terhadap load factor kami, masih normal,” imbuhnya.

Sementara itu, General Manager Services Lion Air Ary Azhari mengaku jika sampai saat ini dampak pelemahan nilai tukar rupiah tak memengaruhi harga tiket. Dikatakannya, sejauh ini, armada pesawat yang digunakan Lion Air juga  merupakan milik sendiri bukan sewa.

“Kalau untuk perubahan harga tiket sepertinya belum ada, karena memang belum ada instruksi untuk itu (menaikkan harga, Red),” terangnya.

Senada dengan dua maskapai lainnya, General Manager Garuda Indonesia Branch Office Balikpapan Joseph Adrian Saul mengakui belum ada kenaikan harga tiket untuk terbang bersama Garuda, meskipun biaya sewa pesawat kemungkinan besar akan bertambah.

“Pada intinya kenaikan harga tiket itu merupakan wewenang pusat. Jadi kami di cabang hanya mengikuti instruksi saja dari pusat,” tambahnya.

Jika pun nantinya akan ada kenaikan, dijelaskan Joseph semua itu akan disesuaikan dengan target revenue yang telah dicanangkan perusahaan.

Ia menambahkan, maskapai yang tahun ini meraih penghargaan dari Sky Trax sebagai maskapai dengan kelas ekonomi terbaik ini memang masih memiliki armada pesawat sewa. Namun untuk komposisinya, Joseph mengaku belum bisa memberikan angka pastinya. (*/hul/lhl/k1)