Selasa, 30 September 2014

Kejurda Basket bagi Pemain U-18

Sekaligus Seleksi Atlet Hadapi Kejurnas di Batam
OLAHRAGA | Rabu, 02 Oktober 2013 | dibaca: 1054 kali
SAMARINDA – Pengurus Provinsi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Pengprov Perbasi) Kaltim mencari atlet terbaik untuk dipersiapkan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Basket di Batam, November mendatang. Karena itu, Pengprov Perbasi Kaltim akan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Basket se-Kaltim, sekaligus ajang seleksi Kejurnas di Gedung Serbaguna Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda, 8-13 Oktober nanti.

Menurut Bidang Humas Pengprov Perbasi Kaltim Butje Kalauserang, Kejurda Bola Basket se-Kaltim 2013 kali ini akan diikuti seluruh daerah di Kaltim atau 14 kabupaten/kota. Hanya tiga daerah yang mengirimkan tim putra, yakni Kabupaten Tana Tidung (KTT), Kutai Barat, dan Penajam Paser Utara (PPU).

“Sedangkan daerah lainnya, semuanya mengirimkan tim basket putra dan putri. Ini untuk pertama kalinya semua daerah mengirimkan atletnya,” ungkap Butje Kalauserang, kemarin (1/10).

Selama Kejurda nanti, atlet-atlet terbaik baik putra dan putri dari seluruh daerah akan dicatat tim pemantau dari Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengprov Perbasi Kaltim untuk disiapkan dalam Kejurnas.

Dikatakannya, Kejurda ini menerapkan pembatasan umur maksimal 18 tahun, karena pada PON XIX/2016 di Jawa Barat juga menggunakan pembatasan usia. “Jadi nanti saat PON, usia mereka baru 21 tahun. Karenanya kita siapkan mulai sekarang,” terang Butje Kalauserang.

Mengenai kans di Kejurnas nanti, Butje Kalauserang mengatakan, daerah Pulau Jawa masih mendominasi seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Sementara di bagian putri, Bali menjadi kekuatan baru. Sedangkan Kaltim, pada Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) lalu berhasil menduduki 5 besar.

“Kita menargetkan hasil paling bagus. Ya, kita berusaha maksimal saja karena tim lain dari Pulau Jawa juga kuat,” ungkapnya.

Kejurda tersebut, lanjut Butje Kalauserang, sekaligus ajang untuk tolok ukur atlet sebelum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V/2014 Kaltim mendatang. Daerah bisa melakukan evaluasi terhadap hasil latihan selama ini. “Pelatih bisa mengukur kekuatan tim daerah lain melalui Kejurda ini, untuk melihat kans di Porprov mendatang,” pungkas Butje Kalauserang. (nin/kpnn/is/k7)