Rabu, 20 Agustus 2014

Banyak Keluhan, Dirut PDAM Sibuk di Kantor

BALIKPAPAN | Minggu, 27 Oktober 2013 | dibaca: 914 kali
BALIKPAPAN-Beberapa minggu terakhir, pelayanan PDAM Balikpapan jadi sorotan publik. Banyak keluhan yang disampaikan masyarakat kepada Kaltim Post melalui kolom pesan singkat Kring Kotaku. Selama kurang lebih dua minggu, puluhan SMS mengalir berisi keluhan distribusi air yang buruk. Seperti pada 12 Oktober 2013 keluhan yang disampaikan +6281348077997, warga Kelurahan Karang Rejo.
 
Menurutnya, distribusi air di wilayah itu masih terhambat. Senada juga dikatakan pemilik nomor +625425632888 pada 15 Oktober lalu yang mengeluhkan air mengalir pada jam-jam tertentu. Mulai pukul 23.00-05.00 Wita. Selanjutnya mati total di Jalan Soekarno Hatta RT 40. Sayang, dari banyaknya keluhan warga itu, saat Kaltim Post mengonfirmasi kepada Direktur Utama (Dirut) PDAM Soufan, dia malah enggan menemui media ini.
 
Kesibukan yang menumpuk, menjadi alasannya. Pada Jumat (25/10) sekitar pukul 10.00 Wita, reporter media ini berencana menemui Soufan untuk mendengar langsung tanggapannya atas banyaknya keluhan warga. Namun dia mendelegasikan kepada Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Gazali Rakhman. “Bapak lagi sibuk enggak bisa ditemui sekarang.
 
Kalau mau ketemu nanti saja di coffee morning,” terang Gazali. Diketahui, Soufan menjabat sebagai Dirut PDAM selama dua periode, sejak 2007. Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2008 tentang PDAM, Pasal 17 ayat mengatur masa jabatan direksi selama empat tahun dan dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan.
 
Selama kepemimpinannya, PDAM pernah meraih prestasi dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) tahun 2009. Indikatornya memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat untuk kategori kota besar dengan jumlah pelanggan antara 50.000 - 100.000 pelanggan. Namun demikian, walau prestasi telah diraih PDAM sekira 4 tahun silam, faktanya di lapangan pelayanan kepada pelanggan masih belum maksimal.(*/rkp/far/k1)