Rabu, 17 September 2014

4 Desember, Pengumuman CPNS

BALIKPAPAN | Senin, 25 November 2013 | dibaca: 4969 kali
BALIKPAPAN - Pengumuman seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  Kota Balikpapan 2013 akan diumumkan bulan depan. Tepatnya 4 Desember nanti, nasib 1.204 pendaftar dari jalur umum untuk berkarier menjadi abdi negara akan dipastikan.

“Tanggal 4 Desember pengumuman yang lolos ujian TKD (tes kompetensi dasar). Tapi untuk datanya, kami belum terima dari BKN (Badan Kepegawaian Pusat),” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Balikpapan Tatang Sudirja kepada Kaltim Post kemarin.

Pengumuman seleksi itu, akan diumumkan via online di situs BKD maupun via fisik. Setelah pengumuman TKD, para peserta yang dinyatakan lolos akan menjalani tes kompetensi bidang (TKB). “Tapi kami belum dapat jadwalnya kapan pelaksanaan TKB ini,” imbuhnya.

Nantinya, dalam tes TKB akan mendatangkan penguji dari BKN, di mana tesnya akan lebih mengarah pada bidang keahlian peserta masing-masing. “Kalau formasi guru, yang kita fokuskan ke sana. Sama halnya dengan formasi kesehatan dan formasi tenaga teknis fungsional. Kami inginnya, para peserta yang lolos lebih memahami di bidangnya masing-masing,” ucapnya.

Diketahui, berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Nomor 810/1215/BKD tentang Pelamar Calon Pegawai Sipil Daerah yang Lulus Seleksi dari Pelamar Umum di Lingkungan Pemkot Balikpapan Tahun 2013 ada 1.204 pendaftar jalur umum. Itu tak termasuk pendaftar K-2 (honorer). Pemkot Balikpapan mengajukan jumlah formasi CPNS tahun ini sebanyak 3.800 orang. Namun hanya disetujui Pemerintah Pusat sebanyak 123 orang.

Dari jumlah tersebut, terbagi atas formasi guru sebanyak 68 orang, formasi kesehatan sebanyak 43 orang, dan formasi tenaga teknis fungsional sebanyak 12 orang. (*/rkp/tom/k1)