Sabtu, 25 Oktober 2014

BKN Mulai Survei Honorer K2

KALTIM | Selasa, 18 Maret 2014
TANA TIDUNG – Sesuai agenda dan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, kemarin (17/3), Badan Kepegawaian Nasional (BKN) melawat ke Kabupaten Tana Tidung untuk memulai memverifikasi hasil test pegawai honorer kategori dua (K2) tahun 2014 beberapa waktu lalu.
 
“Hari ini (kemarin,Red.) rencanya BKN akan tiba dan langsung melakukan survei verifikasi ke lapangan. Hal ini guna menjawab keresahan masyarakat tentang isu mengenai K2 “Bayangan” atau sebagainya. Paling lambat 31 Mei mendatang berkas survei harus  sudah masuk di pemerintah pusat,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Iwanto kepada Radar Tarakan, Senin (17/3).
 
Dasar hukum pemerikasan hasil berkas K2 itu, terang Iwanto adalah mengacu pada Surat Edaran BKN tanggal 27 Februari 2014 nomor K.26-30/V.23-4/99 bait4 yang menkan bahwa masing-masing instansi sebelum menyampaikan berkas usulan permintaan NIP ke BKN, wajib memverifikasi ulang kebenaran dokumen dari masing-masing tenaga honorer kategori I. Apabila kemudian diketahui tidak memenuhi persyaratan administrasi yang ditentukan, yang bersangkutan tidak dapat diangkat atau dibatalkan menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).
 
Dasar hukum kedua datang dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Aturan yang mengatur soal K2 tertera dalam tahun 2013 nomor B/789/M.PAN/2/2014 yang berisi apabila dikemudian hari ditemukan adanya data dan atau keterangan yang tidak benar, maka pejabat pembina kepegawaian siap bertanggungjawab dan diberikan sanksi baik secara administratif maupun pidana.
 
Iwanto juga menjelaskan bahwa, memang ada nantinya untuk para K2 yang tidak lolos, menurut UU nomor 5 bahwa mereka akan diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan ‘perjanjian kerja’. Namun saat ini UU itu juga masih menunggu.
 
“Sekarang kita kembalikan lagi ke masyarakat, kita hanya melakukan pekerjaan dengan sebenar-benarnya. Untuk menjadi PNS sekarang harus dituntut profesional kinerja pegawainya,”tegasnya. (*/ewy/asm)