Rabu, 1 Oktober 2014

3.000 Linmas Bantu Jaga TPS

BALIKPAPAN | Senin, 31 Maret 2014 | dibaca: 322 kali
BALIKPAPAN - Pemilihan legislatif (pileg) dipastikan bakal aman. Pasalnya, selain aparat kepolisian, satuan perlindungan masyarakat (linmas) turut membantu pengamanan gelaran pesta demokrasi, 9 April nanti.

Nantinya, ada lebih dari 3 ribu petugas linmas yang dilibatkan membantu kegiatan pengamanan di 1.306 Tempat Pemilihan Suara (TPS) di Kota Minyak. Mereka akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Dengan dibantu linmas, kami berharap semakin meringankan tugas anggota kepolisian yang bertugas di tiap TPS,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, beberapa waktu lalu. 

Saat ini, Pemkot Balikpapan terkendala anggaran untuk upah petugas linmas. Pasalnya, tidak ada anggaran untuk honor linmas dalam pileg nanti. Padahal, jika mengacu Undang-Undang Nomor 15/2012 tentang Petugas Penyelenggara Pemilu, linmas merupakan bagian dari badan yang menjadi tanggung jawab KPU. Namun, alokasi anggaran untuk linmas tidak diakomodasi pemerintah.

“Ini yang jadi masalah. Kami berharap seluruh linmas paham kondisi yang demikian. Kami juga berupaya mencarikan solusi terbaik agar semua linmas dapat bertugas dengan baik,” janjinya.

Diketahui, dalam APBN 2014, anggaran pemilu untuk KPU dianggarkan Rp 14,4 triliun. Jumlah itu, tidak termasuk honor linmas. Namun, kata KPU, setiap petugas linmas akan diberi upah Rp 250 ribu per orang per hari, dihitung pada hari pencoblosan.

Sementara itu, personel Polres Balikpapan yang dilibatkan dalam pengamanan pileg ada 6.712 orang. Mulai tingkat Polda, Polresta, Polres, dan Polsek. Di Polda sendiri ada 1.727 dan sisanya 4.985 personel.(*/rkp/tom/k9)